Buku Tamu

Jumat, 06 Januari 2012

Jenis Jenis LAN

Assalamualaikum Wr.Wb

Hai,Sobat Blogger di seluruh Dunia. Sore ini saya akan memberi tahu

tentang JENIS-JENIS LAN

Jenis Jenis LAN



Terdapat jenis - jenis Local Area Network (LAN) yang dikategorikan berdasarkan beberapa hal seperti berikut ini :

1. Jenis LAN Berdasarkan Media Transmisi
Secara garis besar terdapat dua kategori media transmisi, yaitu guided (terpadu) dan unguided (tidak terpadu).

Media transmisi yang terpadu adalah media yang mampu menytrasmisikan besaran-besaran fisik lewat materialnya, contohnya kabel twisted pair, kabel coaxial dan serat optik.

Media yang tidak terpadu adalah media yang mentransmisikan gelombang elektromagnetik tanpa menggunakan konduktor fisik seperti kabel atau serat optik. Contohnya adalah gelombang radio seperti microwave dan wireless mobile.

2. Jenis LAN Berdasarkan Metode Transmisi
Jenis LAN dibedakan berdasarkan metode transmisi yang digunakan dalam pengiriman data, dalam hal ini yaitu:

    Baseband, pada metode baseband data yang berupa sinyal digital langsung dikirim pada media yang digunakan tanpa mengalami perubahan apapun. Dengan cara ini jarak capai data benar-benar bergantung pada kualitas media yang digunakan. Media tersebut hanya dapat digunakan secara tunggal dan perlatan yang dibutuhkan juga sederhana.
    Broadband, data yang dikirimkan harus diubah dulu menjadi signal analog (mengalami modulasi). Hal ini menyebabkan data dapat dikirimkan pada jarak yang lebih jauh daripada baseband dan juga media dapat digunakan secara multi channel, sehingga pemakain media lebih efisien tetapi peralatan yang diperlukan lebih rumit, misalnya memerlukan modem frequensi radio (RF Modem).

3. Jenis LAN berdasarkan Arsitektur fisik atau Topologi jaringan.
Berdasarkan topologi jaringan Local Area Network dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu: Point to point , Star, Ring, Bus dan Tree.

4. Jenis LAN berdasarkan Arsitektur logic atau cara pengiriman data dalam jaringan.
Didalam LAN dikenal tiga macam arsitektur yaitu: Ethernet, Token Ring dan FDDI (Fiber Distributed Data Interface).

Ethernet adalah sebuah teknologi jaringan yang banyak digunakan dalam jaringan LAN berbasi kabel (wired network). Seluruh Ethernet LAN dikonfigurasi sebagai logical bus dan secara fisik dapat diimplementasikan dalam bentuk topologi bus atau star.

Token Ring adalah permulaan standar LAN yang pernah dikembangkan IBM, menggunakan topologi ring dan metoda akses token passing.

Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah jaringan LAN token ring berkecepatan tinggi dan menggunakan kabel fiber optik.

5. Jenis Local Area Network berdarakan Metode Akses ( bagaimana cara sistem menggunakan jaringan secara bersama):

    Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection(CSMA/CD)
    Maksudnya sebelum komputer mengirim data, komputer tersebut "menyimak/mendenga" dulu media yang akan dilalui sebagai pengecekan apakah komputer lain sedang menggunakannya, jika tidak ada maka komputer akan mengirimkan datanya.Terkadang akan terjadi dua atau lebih komputer yang mengirimkan data secara bersamaan dan itu akan mengakinbatkan collision (tabrakan). Bila collision terjadi maka seluruh komputer yang ada akan mengabaikan data yang hancur tersebut. Namun bagi komputer pengirim data, dalam periode waktu tertentu maka komputer pengirim akan mengirim kembali data yang hancur akibat tabrakan tersebut.
    Token Passing
    Dalam token passing, digunakan suatu "tanda (token)" yang akan dikirim secara "estafet" dari komputer atau node yang satu ke node yang lain. istem yang menerima token  inilah yang berhak mengirim data dan setelah data dikirimkan maka token tersebut diteruskan ke node yang lain.  Topologi ini mutlak harus berbentuk ring. Untuk menghindari masalah terhadap token yang tidak berguna atau token yang hilang maka diletakkan sebuah komputer yang bertugas sebagai pengontrol atau monitor.







Jenis Jenis LAN

Terdapat dua jenis LAN yang utama Yaitu:

 Pelanggan/Pelayan (Client/Server)

 Server atau komputer pelayan merupakan komputer yang mengawal sistem rangkaian. Server mempunyai cakera keras yang menyimpan data dan pencetak berkualiti tinggi yang digunakan oleh kesemua client atau pelanggan yang berhubung dengannya. Client atau pelanggan merujuk kepada semua komputer lain yang ada di dalam rangkaian yang sama. LAN jenis ini bergantung kepada server untuk melakukan pemprosesan dan maklumat yang telah siap diproses akan dihantar kepada setiap client. Server dan client berkongsi dalam melaksanakan pemprosesan.

            Sistem operasi rangkaian pelanggan/pelayan membolehkan rangkaian melaksanakan fungsi dan aplikasi secara berpusat dalam komputer pelayan. Komputer pelayan menjadi nadi sistem dengan menyediakan kemudahan capaian ke sumber dan mengurus aspek keselamatan sistem. Setiap stesyen kerja mempunyai capaian kepada sumber (fail dan perisian aplikasi) yang terdapat pada komputer pelayan. Sistem operasi rangkaian juga menyediakan satu mekanisma untuk mengintegrasikan semua komponen rangkaian dan membenarkan lebih daripada seorang pengguna berkongsi secara serentak sumber yang sama tanpa mengira kedudukan fizikalnya.



Peer-to-Peer

 Lan jenis ini menganggap semua komponen komputer dalam suatu rangkaian mempunyai status yang sama. Tiada komputer atau nod yang bertindak sebagai ketua atau pengawal rangkaian. Setiap pengguna boleh berkongsi perkakasan mahupun data mengikut keperluan. Sistem ini tidak mempunyai komputer pelayan atau sumber pengurusan berpusat. Kelemahan rangkaian jenis ini ialah ianya kurang pantas berbanding jenis client/server.

            Perisian sistem operasi biasa digunakan dalam rangkaian peer-to-peer ialah Apple Share, Windows for Workgroups dan semua Windows versi terkini yang lain.

Sudah dulu ya! Semoga Artikel ini bermanfaat bagi anda 8-)
 
Wassalamualaikum Wr.Wb














0 komentar:

Poskan Komentar